Jumlah Rakaat Shalat Tarawih yang Benar

Jumlah Rakaat Shalat Tarawih yang Benar

Dakwahislami.id - Shalat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dilakukan khusus hanya di bulan Ramadhan. Tarawih dalam bahasa Arab merupakan bentuk jama dari  تَرْوِيْحَةٌ  yang ditafsirkan sebagai "momen untuk beristirahat". Waktu untuk shalat ini adalah setelah waktu isya, biasanya dilakukan berjamaah di masjid. Fakta menarik tentang shalat ini yakni bahwa rasul S.A.W hanya melakukannya 3 kali. Dinyatakan bahwa rasul S.AW kemudian tidak melanjutkan pada malam-malam berikutnya karena takut bahwa itu akan menjadi kewajiban umat Islam.

Berapa sebenarnya jumlah rakaat shalat tarawih ?

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh imam al-bukhori dan imam muslim,bahwasanya jumlah rakaat shalat tarawih adalah tidak terbatas.

"Shalat malam itu 2 rakaat, 2 rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir tibanya shalat Shubuh, maka ia shalat 1 rakaat untuk mengganjilkan bilangan shalat yang telah ia lakukan.” (HR. Bukhari  dan Muslim)

Akan tetapi ada satu riwayat yang menjelaskan bahwasanya Nabi shalalallahu 'alaihi wa sallam shalat malam 13 rakaat sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut.Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata"

“Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam shalat malam 13 rakaat.” (HR. Muslim)

Tata cara shalat tarawih 8 rakaat ditambah 3 rakaat witir

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah jumlah raka’at dalam shalat malam di bulan Ramadhan dan tidak pula dalam shalat lainnya lebih dari 11 raka’at.” (HR. Bukhari  dan Muslim)

Cara melakukan shalat tarawih 8 rakaat adalah dengan cara 2 rakaat di tutup dengan satu salam,jika ingin shalat tarawih dengan jumlah rakaat 8,maka lakukan  2 rakkat  2 rakaat sebanyak 4x,maka totalnya ada 8 rakaat,kemudian ditutp dengan shalat witir 3 rakaat.

Tata cara shalat tarawih 10 rakaat ditambah 3 rakaat witir

Melakukan shalat tarawih antara 8 rakaat dan 10 rakaat adalah sama saja.hanya di tambah dengan 2 rakaat saja.begitu juga dengan shalat tarawih 20 rakaat.maka dilaksanakan 2 rakaat 1 kali salam sebanyak 10x maka total menjadi 20 rakaat.Kemudian ditutup dengan shalat witir 3 rakaat.

Baca juga :
  1. Hal Hal Yang Dilarang Bagi Orang yang Berhadas
  2. Tata Cara Mandi Junub Yang Benar Bagi Pria dan Wanita
  3. Urutan Cara Berwudhu yang Benar Lengkap dengan Gambar dan Doa

Tata cara shalat witir 3 rakaat

Cara melaksanakan shalat witir 3 rakaat yakni dilakukan tanpa tahyat pertama yaitu pada rakaat kedua.maka yang dilakukan adalah langsung berdiri kembali dan melnjutkan ke rakaat ke 3 kemudian lakukan hingga tahiyat akhir dan di tutup dengan salam

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang jumlah rakaat shalat tarawih yang harus kita ketahui.

referensi : rumaysho.com,Islampos.com
wikipedia

0 Response to "Jumlah Rakaat Shalat Tarawih yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel