Tata Cara Pelaksanaan Shalat Tahajud dan Witir

Tata Cara Shalat Tahajud dan Witir Yang Benar

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang istimewa,waktu penerjaannya ialah pada malam hari dimana sebagian manusia yang lain sedang tidur.Pada umumnya Shalat tahajud ini dikerjakan sesudah tidur

Mengapa shalat tahajud ini di anggap istimewa ? Karena dengan seseorang rajin mengamalkannya,maka dapat membuat ia diangkat ketempat yang terpuji.Hal ini telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an

Waktu Terbaik Melaksanakan Shalat Tahajud


Waktu untuk mengerjakan shalat tahajud ini antara waktu setelah isya’ hingga masuknya waktu subuh.Kita bebas memilih waktu pukul berapa saja untuk mengerjakannya.Tetapi tentu saja ada waktu-waktu istimewa yang di anjurkan untuk mmengerjakan shalat tahajud ini,yaitu pada saat sepertiga malam.Ya kira-kira pukul 1 dini hari hingga 4 dini hari menjelang subuh.

Mengapa ada waktu-waktu istimewa seperti ini? Karena pada waktu-waktu tersebut,Insya Allah Segala permohonan hambaNya akan mudah dikabulkan.

Menurut Pendapat Imam mazhab Hanafi,yang apabila shalat tahajud dikerjakan secara berjamaah,maka hukumya makruh.

Tata Cara Mengerjakan Shalat Tahajud


Tentang bagaimana tata cara mengerjakan shalat tahajud ini yaitu dikerjakan 2 rakaat kemudian diakhiri dengan salam,terus begitu selanjutnya,hal ini tidak jauh beda dengan mengerjakan shalat subuh tanpa Qunut.

Disebutkan dalam hadits shahih Al Bukhori dan Muslim,bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam hanya mengerjakan shalat tahajud 11 atau 13 rakaat sudah termasuk dengan shalat witir.

Bacaan Niat Shalat Tahajud dan Witir Sesuai Sunnah


Untuk niat shalat tahajud dan witir,terdapat perbedaan pendapat didalamnya,untuk mengetahuinya slahkan teman-teman baca artikel saya yang berjudul tata cara mengerjakan shalat dhuha,disitu ada saya sebutkan tentang perbedaan para ulama mengenai masalah niat

Tata Cara Shalat Tahajud Yang Benar Sesuai Sunnah


Tata cara mengerjakan shalat tahajud tidaklah berbeda dengan shalat subuh seperti yang sudah saya katakan diatas.Jika teman-teman disini masih ragu bagaimana cara shalatnya Nabi,Silahkan dibaca pada artikel saya dengan judul tata cara shalat beserta bacaannya lengkap bergambar.Disitu telah lengkap saya paparkan.

Shalat Tahajud Yang Terbaik Berapa Rakaat


Kembali lagi ke pembahasan,shalat tahajud dikerjakan cukup dengan 2 rakaat dengan 1 kali salam,begitu seterusnya.

Contoh jika teman-teman ingin melaksanakan shalat tahajud 11 rakaat caranya adalah dengan mengerjakan 2 rakaat diakhiri 1 salam,diulangi sebanyak 4x,jadi total shalat tahajud teman-teman adalah 8.Kemudian ditutup dengan shalat witir sebanyak 3 rakaat.Dengan catatan pada rakaat kedua pada shalat sunnah witir dikerjakan tanpa duduk tasyahud awal.

Pengertian Shalat Witir


Jika teman-teman bertanya apa shalat witir itu ? Shalat witir adalah shalat sunnah yang dikerjakan dengan rakaat ganjil seperti 1 rakaat dan 3 rakaat sebagai penutup shalat sunnah sebelumnya yang dikerjakan pada saat itu juga.

Inilah penjelasan singkat saya pada hari ini tentang shalat tahajud,semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,dan juga mudah-mudahan kita termasuk juga ke dalam golongan yang Allah mudahkan untuk menunaikan shalat sunnah tahajud ini di saat sekarang dan masa mendatang.amin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel