Seperti Apa Bangunan di Surga menurut Islam

Seperti Apa Bangunan di Surga menurut Islam

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Halo para pembaca budiman,pada kesempatan kali ini izinkan saya berbagi sedikit informasi tentang Seperti apa bangunan-bangunan surga.

Kenapa kok mengambil judul ini bang ?

saya pikir sekecil apapun ilmu agama dan sesingkat apapun sebuah artikel,yang penting didalamnya berisikan tentang sebuah informasi yang benar,berdasarkan dalil-dalil yang shahih,pastinya akan selalu membawa manfaat yang besar dalam mendalami ilmu Agama.

Seperti apa bang,Bangunan-bangunan di surga itu ?

Mari simak Hadits Qudsi

Allah Azza wa Jalla berfirman:

Aku sediakan untuk hamba-hamba-Ku yang shalih kenikmatan (tinggi di surga) yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan terlintas dalam hati manusia

Artinya, semua kenikmatan dan keindahan yang pernah dilihat oleh mata,didengar oleh telinga atau dibayangkan dalam hati manusia, maka kenikmatan di surga jauh melebihi dari segalanya di dunia.

Oleh Sebab itu, semua kenikmatan dan kesenangan di surga yang Allah Ta'ala sebutkan dalam ayat-ayat al-Qur’an, seperti istana-istana dari emas dan perak, para bidadari, buah-buahan, sungai-sungai, taman-taman indah, dan berbagai kenikmatan lainnya; walaupun nama-namaya sama dengan yang ada di dunia, tetapi hakikat kenikmatannya jauh berbeda, karena kenikmatan di surga jauh lebih tinggi dan sempurna.

Allah ta'ala berfirman:

"Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Rabbnya, mereka mendapat kamar-kamar (di surga),diatasnya terdapat pula kamar-kamar yang dibangun (bertingkat-tingkat)." (Qs.Az-Zumar: 20)

Dimana dia Allah tabaraka wa ta'ala mengabarkan bahwa surga adalah tempat yang tinggi di atas tempat-tempat yang dan sesungguhnya Surga itu dibangun dengan bangunan yang Hakiki agar para hamba tidak mengira bahwa surga hanyalah permisalan dan tidak ada wujud nyatanya.

Diriwayatkan dari Abu Musa Al Asy'ari radhiallahu Anhu dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beliau bersabda :

" sesungguhnya orang mukmin di surga memiliki sebuah kemah yang terbuat dari satu mutiara yang berlubang, yang panjangnya 60 mil. Di dalamnya orang mukmin itu memiliki istri-istri yang apabila dia menggilir mereka maka sebagian mereka tidak dapat melihat sebagian yang lain." (HR.al-bukhari)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah dan Aisyah radhiallahu anhuma bahwa Jibril Alaihissalam berkata kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam

" ini adalah kHadijah. Aku sampaikan salam kepadanya dari rabbnya",dia juga memerintahkan beliau agar memberinya berita gembira dengan sebuah rumah dalam surga yang terbuat dari cangkang mutiara yang dilubangi. Di dalam surga itu tidak ada suara keras dan tidak ada kesusahan dan kepayahan.(HR al-bukhari)

Ada yang mengatakan karena sesungguhnya dia Khadijah termasuk diantara yang lebih dulu mempercayai Rasulullah alaihi Wasallam sehingga balasannya adalah istana yang terbuat dari mutiara

Diriwayatkan dari Anas radhiallahu anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda

" aku pernah dimasukkan ke surga dan aku pun melihat sebuah istana terbuat dari emas. Aku bertanya," milik siapakah istana tersebut?" mereka menjawab," milik seorang pemuda dari kalangan orang-orang Quraisy," aku pun menyangka bahwa akulah orang yang dimaksud. Lalu aku bertanya lagi siapakah dia ?" mereka menjawab," milik Umar bin al-khattab." (HR.al-bukhari)

Sekian penjelasan singkat saya tentang bangunan-bangunan surga,semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah semangat kita untuk selalu Istiqomah di jalan Allah Ta'ala.

Sebagai penutup

"Dan bersegeralah (berlomba-lombalah) kamu untuk (meraih) pengampunan dari Rabbmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa." [Ali ‘Imran:133]

Allahu a'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel