Makanan di Neraka Adalah Buah Zaqqum

Makanan di Neraka Adalah Buah Zaqqum

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadits Tentang Makanan Penghuni Neraka - Kali ini kita akan membahas dalil-dalil dan hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tentang makanan apa saja yang telah Allah siapkan kepada penghuni neraka yang tentunya kita harus berlindung dari nya.

Neraka adalah tempat kembali paling buruk bagi manusia,setiap dari kita tentunya tidak ingin termasuk kedalam golongan penghuni neraka.Allah Ta'ala telah menyediakan siksaan yang pedih didalamnya yang diperuntukkan kepada orang-orang yang berbuat zhalim.

Allah ta'ala berfirman

" tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak menghilangkan lapar."(QS. Al ghasyiyah;6-7)

Allah ta'ala berfirman

" sungguh, di sisi kami ada belenggu-belenggu (yang berat) dan neraka yang menyala, dan ada makanan yang menyumbat di kerongkongan dan Azab yang Pedih."(QS. Al Muzammil;12-13)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkenaan dengan firman Allah ta'ala

" makanan yang menyumbat di kerongkongan", dia berkata," duri yang tersumbat di tenggorokan, tidak dapat masuk dan tidak dapat keluar."

Allah ta'ala berfirman

" kemudian sesungguhnya kalian, wahai orang-orang yang sesat lagi mendustakan! Pasti akan memakan pohon zaqqum, maka akan penuh perutmu dengannya. Setelah itu kalian akan meminum air yang sangat panas. Kalian akan minum seperti unta (yang sangat haus Minum). Itulah hidangan untuk mereka pada Hari pembalasan."(QS. Al Waqi'ah;51-56)

Allah ta'ala Menyifati pohon zaqqum dengan firmannya

" Sungguh,itu adalah pohon yang keluar dari dasar neraka jahim, mayangnya seperti kepala kepala setan. Maka sungguh, mereka benar-benar bagian darinya(buah pohon itu), dan mereka memenuhi perutnya dengan buah nya(zaqqum). Kemudian sungguh, setelah makan(buah zaqqum) mereka mendapat minuman yang dengan air yang sangat panas. Kemudian pasti tempat kembali mereka ke neraka jahim."(QS. As-shaffat;64-68)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam membaca ayat ini

"Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepadanya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim."(QS.Ali Imran:102)

Lalu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda

"Seandainya ada setetes zaqqum dituangkan ke negeri dunia, maka pastilah dia akan merusak mata pencaharian penduduk dunia. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang memakannya?"(hR At Tirmidzi)

Allah ta'ala berfirman

" maka pada hari ini di sini tidak ada seorang teman pun baginya. Dan tidak ada makanan (baginya) kecuali dari darah dan nanah."(QS. Al haqqoh;35-36)

Menyatukan antara firman Allah ta'ala di sini yaitu" makanan yang menyumbat di kerongkongan" firmannya;" zaqqum" dan firmannya;" mereka itu sebenarnya tidak memakan(tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan api.[ maksudnya ialah makanan yang dimakannya yang berasal dari hasil menyembunyikan ayat-ayat yang diturunkan allah an, menyebabkan mereka masuk api neraka].

Bahwa bisa saja makanan mereka adalah semua yang disebutkan tadi, atau siksaan yang mereka alami beragam macam, atau orang-orang yang disiksa berlapis-lapis. Ada di antara mereka yang makan-makanan yang menyumbat di kerongkongan, ada yang makan buah zaqqum, dan ada juga yang makan api. Masing-masing sebutkan bagian yang setimpal.

Itulah penjelasan singkat pada artikel kali ini tentang makanan penghuni neraka yang tentunya kita harus berlindung darinya dan memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar kita tergolong ke dalam orang-orang yang soleh yang mengharapkan surganya allah ta'ala.

Allahu A'lam Bishawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel