Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid Bagi Laki Laki

Keutamaan Shalat Berjamaah di Masjid Bagi Laki Laki

Terdapat beberapa pertanyaan yang mugkin mewakili saudara-saudara kita lainnya.Pertanyaannya seperti ini;

Jika seorang laki-laki lebih banyak shalat di rumah daripada berjamaah di Masjid Apakah berdosa?

Dan apakah shalat wajib di rumah tetap dapat pahala?

Lebih besar dosa tidak berjamaah atau lebih besar pahala shalat di rumah?

Jadi ini memang khilaf di antara para ulama. Imam Syafi'i rahimahullah beliau mengatakan shalat berjamaah di Masjid hukumnya Sunnah muakkadah, sunnah muakkadah artinya sunnah yang sangat ditekankan kalau tidak ada udzur maka harus ke masjid. Cuma Imam Syafi'i tidak mengatakan berdosa, ini pendapat beliau berpegang pada hadits riwayat Imam Ahmad yang berbunyi

" shalat seseorang diantara kalian di pasar, dan di rumahnya,dibandingkan shalat di masjid nya, perbandingannya 25 kali lipat."

Jadi imam Syafi'i rahimahullah mengatakan "di sini Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam hanya membedakan kadar pahalanya ,menurut beliau Pada saat itu memang masih sangat terbatas sekali buku-buku, imam Syafi'i tinggal di Mesir sementara imam-imam Lain yang berbeda mazhab seperti Imam Abu Hanifah sudah meninggal sebelum beliau. sebab abu Hanifah meninggal tahun 150 Hijriah, sedangkan Imam Syafi'i lahir tahun itu. Dan kata para ulama imam-imam yang makin dekat dengan sahabat dan tabiin itu sebenarnya makin dekat dengan kebenaran lebih dekat dengan kebenaran. Karena mereka lebih dekat dengan generasi yang menerima wahyu. beda antara kita sekarang dengan orang-orang yang dekat dengan para sahabat artinya di sini bedanya ini karena mereka lebih dekat dan lebih paham. Tapi bukan berarti mereka benar semua,tidak !kalau kita temukan sekarang dalil memang lebih kuat, ya kita wajar untuk mengikutinya. Imam Malik meninggal pada tahun 179 Hijriyah,imam Syafi'i sempat belajar dengan beliau.Imam Malik dan Imam Hanifah serta diikuti dengan muridnya Imam Syafi'i, namanya Imam Ahmad yang terkenal dengan ahli hadits mengatakan shalat berjamaah di Masjid wajib bagi laki-laki, kecuali punya udzur syar'i. Artinya kalau tidak shalat berjamaah di Masjid dosa. Mereka berpegang pada hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam yang shahih riwayat Imam muslim

" kata nabi," saya pengen sekali ada yang menggantikan saya ya menjadi imam, kemudian di iqamah kan shalat,lalu gantikan saya Jadi Imam, kemudian saya membawa kayu bakar, dan membakar rumah-rumah laki-laki yang tidak shalat berjamaah di Masjid."

Setiap dalil syar'i,dalil agama yang diikuti dengan ancaman yang tegas, dilaknat, Allah murka,

masuk neraka, seperti Nabi bilang" saya akan bakar rumahnya" itu berarti dosa besar!

Makanya jumhur ulama mengatakan dosa besar kalau dia tidak sholat ke masjid tanpa udzur.

Tentu saja kita disini tidak memaksakan pendapat tapi kalau saya pribadi wallahualam saya menyarankan agar sholat di masjid, dapat pahala,setiap ke masjid dapat 1 istana di surga.

Kata Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam

" salat sendiri dibandingkan dengan shalat berjamaah perbandingannya 27 derajat"

Kata Abdullah bin Abbas 1 derajat ke derajat di atasnya yang 27° itu, jaraknya 500 tahun. Artinya apa, shalat sendiri dengan berjamaah bedanya 12.000 tahun.

Kata Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam

" siapa yang terbiasa melakukan sebuah perbuatan pada saat dia lagi dalam keadaan sehat, maka Allah akan memberikan pahala ibadah itu pada saat dia ada udzur."

Tetapi kita tidak mengatakan salat di rumah itu dosa karena masih ada pendapat Imam Syafi'i rahimahullah yang mengatakan bahwasanya itu adalah sunnah muakkadah. Tentu saja lebih besar pahalanya salat berjamaah di Masjid

Wallahu A'lam Bishawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel