Hukum Shalat jumat dan Keutamaan

Hukum Shalat jumat dan Keutamaan

Definisi

Sholat Jumat Dan Keutamaannya - Sholat Jum'at merupakan salah satu bentuk dari amal shaleh yang merupakan kewajiban untuk dilaksanakan bagi setiap muslim apabila tidak ada udzur dan memenuhi syarat untuk terselenggaranya jamaah shlaot Jum'at.

Shalat Jum’at terdiri dari dua rakaat, hanya disunnahkan supaya men-jahar-kan (mengeraskan) bacaan didalam keduanya. Dan disunahkan membaca surah Al-Jum’ah sesudah Al-fatihah pada rakaat pertama, dan surah Al-Munafikun pada rakaat kedua.

Kewajiban Sholat jumat bagi pria

Dasar kewajiban melaksanakan shalat Jum’at adalah sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Jumu’ah : 9-10

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum´at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS.Al-Jumu`ah : 9-10)

Dalam ayat ini, Allah Ta'ala menggunakan lafad Amr (perintah) yaitu untuk segera menunaikan shalat Jum’at. Lafad perintah dalam usul fiqh menunjukkan kepada hukum wajib. Hal ini diperkuat lagi dengan larangan Allah subhanahu wa ta'ala untuk melakukan aktivitas apapun jika waktu shalat Jum’at sudah masuk,seperti segeralah meninggalkan jual beli sebagaimana tercantum dalam ayat tersebut. Dalam hadis lain juga disebutkan yaitu

"Barang siapa meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali karena menyepelekkannya, maka Allah mengunci mata hatinya berhentilah orang-orang dari melalaikan shalat jum’at, atau Allah mengunci mata hati mereka sehingga selamanya mereka menjadi orang yang lalai,"(H.R Muslim dan An-Nasai)

Shalat Jum’at merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki yang telah dewasa, yang waktunya tepat pada waktu dzuhur. Shalat Jum’at pelaksanaannya harus dengan berjamaah bersama sejumlah kaum muslimin disuatu tempat. Pada hakikatnya shalat Jum’at ini merupakan pengganti shalat dzuhur, sehingga seseorang yang telah melakukan shalat Jum’at Ia tidak perlu lagi melakukan shalat dzuhur.

Hal ini berdasarkan firman Allah Ta'ala pada surah an-nisa;103

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS An-Nisa: 103)

Kapan shalat jumat dilaksanakan ?

Tiga kota suci bagi umat islam adalah makkah,madinah dan palestina,sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits

"Sesungguhnya Ibrahim telah menjadikan Kota Makkah sebagai tempat suci dan berdoa untuk kebaikan penduduknya. Dan, sesungguhnya aku menjadikan Madinah sebagai kota suci sebagaimana Ibrahim menjadikan Makkah sebagai tempat suci. Sesungguhnya aku berdoa untuk kebaikan sha'-nya dan mud-nya sebagaimana yang didoakan Ibrahim untuk kebaikan penduduk Makkah." (HR Muslim)

Di Madinah sendiri terdapat 3 masjid yang memiliki peranan penting dalam penyebaran agama islam,diantaranya masjid nabawi,masjid quba dan masjid qiblatain.

Namun terdapat satu lagi masjid yang juga memiliki nilai sejarah tinggi,karena di masjid inilah pertama kali rasulullah shalallahu alaihi wa sallam melaksanakan shalat jumat.Nama masjidnya adalah masjid jumat yang terletak di perkampungan bani sulaiman di sebuah lembah yang tak jauh dari masjid quba,nama lembah itu adalah Wadi waruna,Yastrib(madinah)

Keutamaan hari jumat

Dari Abu Hurairah ra bahwasanya nabi saw bersabda:

"sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari jum'at, di hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu dimasukkan ke surga, dan pada hari itu dikeluarkan darinya, dan tidak terjadi hari kiamat kecuali pada hari juma't." (HR. Muslim)

Syarat sah shalat jumat

1.Shalat Jum’at didirikan sesuai dengan waktu yang ditetapkan
2.Shalat Jum’at didirikan secara berjamaah
3.Shalat Jum’at didirikan oleh orang yang mukim
4. Shalat Jum’at wajib didahului dua khutbah

Syarat wajib seseorang untuk melaksanakan shalat jumat

1. Islam
2. Baligh (dewasa), tidak wajib Jum’at atas kanak-kanak
3. Berakal, tidak wajib Jum’at atas orang bodoh atau orang gila
4. Laki-laki, tidak wajib Jum’at atas perempuan
5. Sehat, tidak wajib Jum’at atas orang sakit, atau berhalangan dan sebagainya
6. Tetap dalam negeri, tidak wajib Jum’at atas orang yang dalam perjalanan. Sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam

"Shalat Jum’at itu wajib bagi setiap muslim secara berjamaah, kecuali bagi empat orang," hamba sahaya, wanita,anak kecil, dan orang sakit." (HR Abu Dawud)

Sunnah shalat jumat

1. Mandi (membersihkan tubuh) dan memotong kuku
2. Berpakaian yang terbaik dan bersih
3. Memakai wangi-wangian
4. Menyegerakan datang ke Masjid
5. Memperbanyak dzikir dan shalawat
6. Memperbanyak baca Al-Qur’an,terutama surah Al-Kahfi sebagaimana dalam hadits berikut

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at."(HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Keutamaan shalat jumat

1. "Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun." (HR. Tirmidzi no. 496. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

2. "Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut)." (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850)

3. "Di antara shalat lima waktu, di antara Jum’at yang satu dan Jum’at yang berikutnya, itu dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar."(HR. Muslim no. 233).

Ini adalah sebahagian saja,dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan lainnya yang tidak dapat saya sebutkan.
Semoga dengan kita mengetahui tentang shalat jumat dan keutamaannya,menjadikan kita semakin termotivasi untuk mengejar fadhilah-fadhilah yang ada pada shalat jumat.

Allahu a'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel