Hadits Ciri Ciri Penghuni Surga

Hadits Ciri Ciri Penghuni Surga

Berikut akan saya paparkan beberapa hadits-hadits yang menerangkan tentang ciri-ciri penghuni surga berdasarkan dall-dalil yang ada.

Diriwayatkan dari mu'adz bin Jabal radhiallahu anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda

" penghuni surga akan masuk ke dalam surga dalam keadaan tidak berbulu, tidak berjanggut. Seakan-akan mereka dipakaikan cela dan berusia 33 tahun."( hR Tirmidzi)

Sabda beliau Shallallahu Alaihi Wasallam di dalam hadits Abu Hurairah radhiallahu Anhu disebutkan

" seperti bentuk tubuh ayah mereka Adam alaihissalam yaitu 60 hasta." (HR muslim)

Diriwayatkan juga dari Abu Hurairah radhiallahu Anhu dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beliau bersabda

" sesungguhnya rombongan yang pertama masuk surga adalah laksana Rembulan Di Malam purnama, dan rombongan yang masuk setelah mereka adalah laksana bintang yang sangat terang di langit. Mereka tidak buang air kecil, tidak buang air besar, tidak beringus, dan tidak berludah. Sisir mereka terbuat dari emas, keringat mereka adalah minyak kasturi, tempat bukhur mereka adalah batang kayu gaharu India, istri-istri mereka adalah para Bidadari, dan bentuk tubuh mereka adalah sama seperti bentuk tubuh ayah mereka Adam alaihissalam, yaitu enam puluh Hasta tingginya." (HR Al Bukhari)

Adapun dari sisi akhlak Allah tabaroka wa ta'ala berfirman

" dan kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada di dalam hati mereka, mereka merasa bersaudara, dan duduk berhadap-hadapan dipan dipan."(QS.al Hijr ayat 47)

Dimana Allah mengabarkan tentang kebersatuan hati-hati yah wajah mereka. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Al Bukhari dan Muslim di dalam Kitab Shahih mereka disebutkan

" tidak ada perselisihan dan kebencian di antara mereka. Hati-hati seperti hati 1 orang. Mereka selalu Bertasbih kepada Allah ta'ala siang dan malam." (HR Al Bukhari)

Penghuni surga yang paling rendah kedudukannya

Diriwayatkan dari al-mughirah Bin syu'bah radiallahu anhu, dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beliau bersabda

" musa bertanya kepada robbnya," siapa penduduk surga yang paling rendah kedudukannya?" allah menjawab," dia adalah seseorang yang datang setelah seluruh penduduk surga dimasukkan ke dalam surga. Maka dikatakan kepadanya," masuklah ke dalam surga." dia orang itu menjawab," wahai rabbku, bagaimana caranya? Semua orang telah menempati tempatnya masing-masing dan telah mengambil bagiannya." lalu Dikatakan kepadanya," apakah kamu suka jika memiliki kerajaan seperti yang dimiliki seorang raja dari kalangan raja-raja di dunia?" dia menjawab," tentu aku suka wahai rabbku." allah ta'ala berkata kepadanya," kamu akan mendapatkannya dan yang semisalnya, nya, semisalnya dan semisalnya lagi." pada yang ke-5 kalinya dia berkata," tentu aku suka wahai rabbku." lalu Allah ta'ala berkata," ini semua adalah untukmu dan 10 kali lipatnya, bagimu pula segala apa yang diinginkan oleh jiwamu dan yang menyenangkan pandangan matamu." maka dia berkata," tentu aku suka wahai rabbku." musa bertanya," wahai rabbku, siapa penduduk surga yang paling tinggi kedudukannya?" allah ta'ala menjawab," mereka adalah orang-orang yang cintai. Aku tanam kemuliaan (surga) mereka dengan tanganku sendiri dan aku pula yang menjaganya. Sehingga Surga itu tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia." rasulullah bersabda; pembuktiannya ada dalam kitab Allah ta'ala," tak seorangpun Mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang mata."(As-sajadah;17) [HR Al Bukhari]

Mohon Ma'af jika terdapat kekurangan dan kesalahan,sekian dan terima kasih

Allahu a'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel