Keutamaan dan Hikmah Shalat Berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah

Keutamaan dan Hikmah Shalat Berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah

Bismillahirrahmanirrahim

segala puji hanya bagi Allah Kami memujinya memohon pertolongan dan ampunan kepadanya kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami barangsiapa yang Allah beri petunjuk maka tidak ada yang dapat menyesatkannya dan barangsiapa yang Allah sesatkan maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah semata tidak ada sekutu baginya dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan rasulnya.

shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang mengaku dirinya beriman dan bertakwa kepada Allah Ta'ala,Tapi masih banyak diantara kita yang tidak mengetahui apa keutamaan dan hikmah shalat itu sendiri,karena ia tidak mengetahui keutamaan dan hikmah shalat yang di janjikan oleh Allah Ta'ala kepada orang-orang yang shalat,maka seseorang akan kurang bersemangat dalam melaksanakan shalat.Logikanya seperti ini,ketika kita bekerja tentu kita mengharapkan upah atau gaji yang tentunya kita mengetahui upah atau gaji yang akan kita terima,setelah melaksanakan kewajiban-kewajiban kita sebagai pekerja,dengan kita mengetahui hal tersebut tentu saja kita bersemangat untuk meraihnya dengan segala upaya dan kemampuan yang ada.Begitu juga dengan shalat,dengan kita mengetahui keutamaan dan hikmah shalat maka seseorang akan selalu bersungguh-sungguh mengerjakannya dan meraih apa-apa yang telah dijanjikan Allah Ta'ala kepada orang-orang yang shalat.

Disini saya akan membahas secara ringkas keutamaan dan hikamah shalat menurut al-quran dan As-sunnah

Perhatikan firman Allah berikut:

"wahai orang-orang beriman bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar Taqwa dan janganlah kalian Mati kecuali dalam keadaan muslim." (QS. Ali-Imran ayat 102)

"wahai manusia bertakwalah kepada Rabbmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu Adam dan Allah menciptakan pasangannya Hawa dari dirinya dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak,bertakwalah kepada Allah yang dengan namanya kamu saling meminta dan peliharalah hubungan kekeluargaan Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi Mu."(QS.an-nisa' ayat 1)

"wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar niscaya Allah akan memperbaiki amal-amalmu dan mengampuni dosa-dosamu dan barangsiapa yang mentaati Allah dan rasulnya maka sungguh dia telah menang dengan kemenangan yang Agung."(QS.al-ahzab ayat 70-71)

Sesungguhnya sebenar-benar ucapan adalah kitabullah Al-quran dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu alaihi wa sallam as-sunnah seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan dalam agama setiap yang diada-adakan dalam agama adalah bid'ah setiap bid'ah adalah sesat dan setiap kesesatan tempatnya di neraka

Para pembaca yang Budiman keutamaan dan hikmah salat banyak sekali diantaranya:

1. Tiang Agama

berdasarkan hadits berikut:

Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda"

"Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah shalat."(HR. Tirmidzi  dan Ibnu Majah)

2. Pembeda antara orang mukmin dan orang kafir

berdasarkan hadits berikut:

"Pemisah Antara seorang hamba dengan kekufuran dan keimanan adalah shalat. Apabila dia meninggalkannya, maka dia melakukan kesyirikan." (HR. Ath Thobariy dengan sanad shohih.Di shahihkan oleh  Syaikh Al Albani)

"Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir." (HR. Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Di shahihkan oleh syaikh al albani)

3. Penentu baik tidaknya amalan lainya

berdasarkan hadits berikut:

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman,"Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah."Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya." (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, dan An-Nasa'i.]

4. Penghapus dosa

berdasarkan hadits berikut:

"Di antara shalat lima waktu, di antara Jum’at yang satu dan Jum’at berikutnya adalah penghapus dosa di antara semua itu selama tidak dilakukan dosa besar." (HR. Muslim).

"Tidaklah seorang muslim ketika waktunya shalat wajib, lalu ia membaguskan wudhunya, ia khusyu' dalam shalatnya, dan menyempurnakan ruku',melaikankan itu menjadi penghapus dosa-dosa sebelumnya selama tidak dilakukannya dosa besar, dan itu setiap masa semuanya." (HR. Muslim).

5. Mencegah dari perbuatan keji dan mungkar

berdasarkan firman Allah Ta'ala berikut:

"Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar." (QS. Al ‘Ankabut :45)

6. Menyelamatkan anggota sujud dari neraka
berdasarkan hadits berikut:

"Barang siapa menjaga shalat lima waktu, menjaga wudhunya, menjaga waktu-waktunya, menjaga rukukrukuknya, dan menjaga sujud-sujudnya, yakin bahwa shalat adalah hak Allah Subhanahu wata’ala atasnya, dia diharamkan dari neraka."(HR. Ahmad dari Hanzhalah al-Asadi radhiyallahu ‘anhu)

7. Dipersiapkan pintu khusus untuk memasuki surga

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,"

"Barangsiapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, "Hai hamba Allah, inilah kebaikan." Maka orang yang termasuk golongan ahli shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Orang yang termasuk golongan ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan ahli puasa akan dipanggil dari pintu Ar-Rayyan. Dan orang yang termasuk golongan ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah."
Ketika mendengar hadits ini Abu Bakar pun bertanya, "Ayah dan ibuku sebagai penebus Anda wahai Rasulullah, kesulitan apa lagi yang perlu dikhawatirkan oleh orang yang dipanggil dari pintu-pintu itu. Mungkinkah ada orang yang dipanggil dari semua pintu tersebut?
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menjawab,"Iya ada. Dan aku berharap kamu termasuk golongan mereka."(HR. Bukhari dan Muslim)

8. Allah meninggikan drajat orang yang shalat

berdasarkan hadits berikut:

Disebutkan dalam hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dia mengatakan,"Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu ia berjalan menuju salah satu rumah Allâh untuk menunaikan salah satu shalat fardhu yang yang Allâh wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan kesalahan dan langkah kaki yang lainnya meninggikan derajat." [HR. Muslim]

9. Allah membanggakan orang yang shalat dihadapan para malaikat
berdasarkan hadits berikut:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

"Bergembiralah. Rabb kalian telah membuka salah satu pintu langit seraya membanggakan kalian di hadapan para malaikat dan berkata,"Lihatlah hamba-Ku, mereka yang telah melaksanakan shalat wajib dan mereka menunggu shalat wajiban berikutnya." (HR. Ibnu Majah. Mundziri berkata, ”Perawinya dapat dipercaya." Syaikh Albani mengatakn shahih)

10. Amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah
berdasarkan hadits qudsi berikut

"Pendekatan diri hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah dengan sesuatu yang Aku wajibkan padanya. Dan jika hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri dengan nafilah (ibadah tambahan), sehingga Aku mencintainya."(HR.Al-Bukhari)

11. Sarana untuk bermunajat kepada allah
seperti kita ketahui,shalat adalah kumpulan dari seluruh doa.

Dan Rabbmu berfirman, "Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."[QS.Al-Mu'min :60]

Maka Sudah Selayaknya seorang muslim memperhatikan tata cara dan adab-adab salat nya sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam karena beliau sangat menekankan hal ini dalam sabdanya:

"Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat."(HR.al-bukhari)

Tidak diragukan lagi bahwa mengetahui dan memahami Bagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam shalat adalah sangat penting karena syarat agar sebuah amal diterima adalah ikhlas mengharapkan wajah Allah dan ittiba' yakni mengikuti tuntunan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam

Allahu a'lam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel